Rabu, 31 Agustus 2016

Dovi: Ducati yang Sekarang Lebih Baik Dibanding Era Rossi

 
 
 
Blogolet - Tandem Jorge Lorenzo musim depan di Ducati, Andrea Dovizioso mengaku jika harapan Ducati bisa menjadi lebih tinggi berkat kehadiran pembalap yamaha movistar tsb.

Bahkan Dovi tidak merasa tertekan dengan hadirnya Lorenzo sebagai teman dalam satu tim, malah Dovi mengaku bisa memanfaatkan Lorenzo untuk meningkatkan kinerja motor.

"Saya merasa senang akhirnya Ducati kedatangan juara dunia, Lorenzo bisa membantu banyak orang-orang Ducati nanti, tentu saya akan senang dengan hal itu," ucap pembalap Italia itu.

Dovi juga menyatakan bahwa Ducati telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibanding era Valentino Rossi pada musim 2011-2012. Dengan begitu, harapan orang melihat Ducati berjaya di tangan Lorenzo pun meninggi.

"Era Rossi dengan yang sekarang sudah sangat jauh berbeda. Motor kami benar-benar berbeda.
Menurut saya, motor kami saat ini sudah jauh lebih baik dari yang dulu-dulu. Secara alami pula, ekspektasi juga kian melambung tinggi, karena motor kami sudah lebih baik ketimbang motor yang dikendarai Rosi dulu," pungkas DesmoDovi. (rungansport.com)

Minggu, 28 Agustus 2016

Garbbarini-Lorenzo belum bahas masa depan mereka di ducati


Blogolet
– Pemirsa sekalian , ducati sudah resmi merekrut Cristian Gabbarini sebagai kepala mekanik untuk menukangi Lorenzo musim depan . Kendati demikian, Gabbarini dan Lorenzo belum pernah bertemu untuk membahas mengenai rencana mereka musim depan di Ducati.

Gabbarini sendiri merasa ini bukan saat yang tepat untuk membahas masa depan bersama Jorge. Pasalnya musim 2016 masih panjang, baik Garbbarini dan Lorenzo masih fokus pada sisa balapan di musim 2016 pada tim masing-masing.


“Saya tidak berpikir kalau ini adalah waktu yang tepat untuk membicarakan masa depan, terutama dengan Jorge (Lorenzo),” ujar Gabbarini, seperti dikutip dari GP Xtra.

“Saya tahu Jorge memilih saya dan itu sangat menyenangkan bahwa saya akan ke Ducati, itu sudah cukup bagi saya. Jorge dan saya sudah bicara dahulu, saat di mana ada kontak dengan Yamaha,” lanjutnya.


Nah sepertinya Garbbarini memang belum mau membahas masa depannya di ducati dengan Jorge . Lalu seperti apa jawabannya tentang sifat lorenzo yang arogan dan perfecsionis , mengingat Lorenzo kerap kali menyalahkan mekanik maupun ban saat mengalami kendala saat race .



Cristian Gabbarini mengatakan dirinya tidak masalah dengan sifat arogan yang kerap ditunjukkan Jorge Lorenzo. Baginya, yang terpenting adalah bahwa lorenzo merupakan salah satu pembalap tercepat di dunia.

Jorge memang sering menunjukkan arogansi saat balapan, terlebih jika ada yang tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan. Hal itulah yang menjadi pertanyaan mengapa Gabbarini mau menerima tawaran rider asal Spanyol itu untuk menjadi kepala krunya.

“Saya tidak memikirkan (masalah sifat Lorenzo) itu. Casey juga memiliki sifat khusus,” kata Gabbarini, seperti disadur dari GP Xtra, Senin (29/8/2016).

“Jorge adalah salah satu pembalap tercepat di dunia atau mungkin yang tercepat di dunia, dan itu sudah cukup bagi saya. Karakternya bukan masalah bagi saya,” imbuhnya.



Jumat, 26 Agustus 2016

Penyebab Lorenzo tidak kompetitif saat wet race




Blogolet - Wesss kangbro akhirnya ketemu juga permasalahannya kenapa Jorge Lorenzo mlempem saat balap wet race . Terahir kemarin di GP Ceko jorge finish paling buncit dan dioverlap pembalap terdepam . Lalu apakah gerangan kok doi bisa sangat lambat saat wet race ?

Seperti yang kita ketahui sejak seri Assen , Sachsenring , dan Brno , balapan GP diwarnai dengan cuaca hujan . Disini para team harus membuat strategi yang benar2 tepat . Nah jorge sendiri saat balap di Ceko kemarin finish di urutan 17 dan tidak memperoleh point , alias 0 besar .

Padahal saat sesi FP3 hingga Kualifikasi pembalap spanyol ini sangat menguasai , doi berhasil start di posisi ke 2 . Memang saat FP dan Kualifikasi cuaca bersahabat , Lorenzo tampil bagus , dan optimis bisa menang race , tetapi masalah datang saat race , dimana seluruh pembalap harus membalap dengan kondisi wet race .




Memang dalam semua balapan hujan musim ini, Jorge Lorenzo tampil tidak maksimal , bahkan jorge juga dicap sebagai pembalap yang tidak bisa membalap saat wet race , bahkan lorenzo sangat mudah disalip oleh pembalap team satelit .

Wet race masih menjadi salah satu kesulitan tersendiri bagi Lorenzo di musim ini. Manajer tim Yamaha, Wilco Zeelenberg memberikan menjelasan singkat mengapa pembalapnya itu selalu bermasalah saat melaju diatas lintasan basah saat balapan hujan.

"Lorenzo terlihat dengan sangat jelas bahwa ia kehilangan kepercayaan diri, hal ini akan lebih buruk lagi saat ia menggunakan ban Michelin khusus hujan.

Masalah ini sudah bermulai ketika ia mengalami masalah serius di GP Belanda kemarin, hingga saat ini belum ada penyelesaian atas masalah tersebut," terang Zeelenberg.

"Sangat jauh berbeda dengan ban tipe hujan dari Bridgestone, Lorenzo sangat percaya diri dengan ban tersebut.

Karakter ban depan tipe hujan kompon lunak dari Bridgestone sangat baik, dan Lorenzo belum merasa nyaman dengan ban depan tipe hujan kompon lunak milik Michelin," tutup pria asal Belanda itu.

Memang jika kita lihat race Ceko kemarin ban motor lorenzo , bagian depan mengelupas , dan memutuskan masuk pitstop , tapi kondisi lebih parah dialami Ianone dimana dia memutuskan membalap dengan ban depan lebih rusak dari lorenzo , dan berhasil finish ke 8.







Romano Fenati kini resmi berstatus mantan Sky Racing VR46 Moto3



Blogolet - Pemirsa sekalian Romano Fenati kini resmi dipecat oleh tim sky racing moto3 milik pembalap motoGP Valentino Rossi .  Fenati mengaku mendapat banyak hinaan dan ancaman, hal tersebut ia ungkapkan dalam sebuah wawancaranya bersama GPOne beberapa waktu yang lalu.

"Ini tidak adil, karena saya tak diberi kesempatan untuk membela diri dan mengklarifikasi masalah.Pada akhirnya semua orang menggap saya yang salah karena mereka hanya mendengar dari satu pihak saja," tutur Fenati.

"Saya hanya manusia biasa dan sangat kecewa ketika saya tidak bisa merasakan keadilan. Saya tak mendapat kesempatan untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dan akibatnya saya mendapat banyak hinaan," keluhnya.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan dengan GPOne, Romano Fenati yang baru saja dipecat oleh tim Valentino Rossi membuat pengakuan yang sedikit mengejutkan.

Menurut Fenati dirinya dipecat bukan karena melakukan tindak kekerasan pada anggota kru tim sendiri seperti yang dituduhkan , melainkan  ia dipecat karena hal lain.

Seperti diketahui bahwa semua anggota VR46 Riders Academy tinggal bersama di area Pesaro, Italia, yakni di markas Rossi, namun hanya Fenati yang tidak bersedia tinggal di daerah tersebut.

Fenati lebih memilih untuk tinggal bersama dengan keluarganya, dan Fenati mengaku bahwa hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa dirinya tega didepak dari anggota VR46.

"Seandainya saja saya pindah ke Pesaro, maka saya tidak akan dibuang. Dulu saya pernah tinggal di sana selama kurang lebih satu tahun, tapi kontrak menyatakan saya hanya diharuskan berada di sana antara tanggal 10 Januari sampai seri pertama digelar, demi proses persiapan," tutur Fenati.
Kemudian saya akhirnya lebih memilih tinggal dengan keluarga saya, namun saat itu tak ada kompromi. Pada intinya, tak pergi ke Pesaro adalah kesalahan, namun saya selalu melakukan yang terbaik," terang remaja Italia itu.

Byuh entah mana yang benar pemirsa , walau sudah berstatus sebagai mantan Sky Racing VR46 Moto3 , tetapi masalah tersebut belum selesai . Yah semoga kedepannya tidak ada lagi kejadian seperti ini dibalap granprix .

Kembangkan sasis baru : Stoner merasa lebih berguna di Ducati



Blogolet
- Pemirsa sekalian Casey Stoner mengaku lebih ada gunanya semenjak bergabung dengan ducati tahun ini . Walaupun posisinya di ducati hanya sebagai test rider , tapi casey mengaku senang karena banyak bekerja dibalik layar bersama insinyur-insinyur ducati . Hal tersebut tidak dirasakan stoner saat masih menjadi test rider honda sejak tahun 2013-2015 . Casey Stoner mengatakan bahwa timnya saat ini sedang menggarap sasis desmosedisi yang akan di gunakan pada balapan motoGP 2017.Ducati ingin punya sasis yang lebih hebat dari Yamaha.

Bukan hanya hanya menggarap sasis saja , infonya Ducati tengah meningkatkan perfoma Ducati Desmosedici GP 16. Hal tsb di lakukan Ducati karena berhasil memenangi GP Austria lewat pembalapnya Iannone. Teknisi Ducati punya kesimpulan lain terhadap reaksi motor.Settingan motor Iannone saat memenangkan GP Austria 2016 lalu terus diteliti para insinyur Ducati. Kondisi lintasan, suhu trek dan tekanan angin saat balapan berlangsung juga menjadi bahan yang dianalisis para teknisi Ducati termasuk oleh Casey sebagai test rider.

Luigi Dall'Igna sedih tidak pertahankan Ianone



Blogolet
- Pemirsa sekalian Manager Team Ducati Corse, Luigi Dall'Igna atau yang biasa disebut Gigi ,merasa sangat sedih untuk melepas kepergian pembalapnya , Andrea Iannone di akhir musim 2016. Yang membuat Gigi semakin sedih lagi Iannone berhasil mempersembahkan kemenangan untuk Ducati di GP Austria pekan lalu.

"Selama ini saya selalu mengkritiknya (Iannone), berita baiknya adalah bahwa Iannone selalu sadar dan berusaha memperbaiki kesalahannya. Iannone adalah pembalap dengan karakter yang baik, sedih rasanya Ducati bakal kehilangan sosok Iannone. Sebenarnya saya ingin tetap mempertahannya Iannone, ini menjadi keputusan terberat saya," keluhnya.

Yups menurut saya juga Ianone sudah sangat cocok di ducati , Ianone adalah pembalap berkarakter hard , doi berani mengambil manuver-manuver diluar dugaan , cocok dengan karakter ducati yang cepat . Dibanding rekan 1 timnya Dovisioso , catatan Ianone selalu lebih baik dari pada Dovivioso . Tapi memang sepertinya ducati waktu awal musim tidak bisa mentolelir kesalahan Ianone yang sering crash . Apalagi dovi pernah membuat mimpi buruk untuk ducati , dimana ianone mengajak dovi crash di tikungan terahir Argentina , yang seharusnya ducati memperoleh podium 2-3 Argentina.

Kini di pertengahan musim Ianone sudah mulai kompetitif, apalagi doi memberi kemenangan untuk ducati setelah 6 tahun terahir tidak pernah menang . Yah memang mungkin ducati sedih akan melepas Ianone , apalagi rider itali ini sudah menandatangani kontrak dengan suzuki , untuk bergabung dengan suzuki musim depan .

Kamis, 25 Agustus 2016

Marq Marquez pimpin klasemen , sebenarnya masih bermasalah dengan elekronik


Blogolet – Permisa sekalian MotoGP musim 2016 diwarnai sejumlah perubahan regulasi. Termasuk penyeragaman piranti elektronik Magneti Marelli untuk semua team di motoGP. Baik itu tim pabrikan pabrikan, satelit , maupun tim privater.

Namun dalam penerapannya masih ada tim pabrikan yang terkendala dengan elektronik dari magneti marelli , jika  ducati dan yamaha sudah merasa positif dan kompetitif dengan magneti marelli . Lain halnya dengan honda yang masih kepontang panting menyelaraskan RCV dengan elektronik ini.



Jika kita flashback ke tahun sebelumnya , dimana ecu terbaru ini belum diterapkan. Honda adalah team pabrikan dengan sistem elektronik tercanggih . Bahkan RCV menerapkan sistem asimo untuk peranti elekroniknya , begitu pula yamaha yang juga mempunyai elekronik canggih. Dimana ducati sampai terseok-seok menghadapinya .
 
Kembali ke laptop , meski honda lewat marq marques tampil konsisten musim ini, kenyataannya, tim honda masih mengalami kesulitan untuk menemukan setting-an yang pas mengenai perangkat elektronik yang disupplay magneti marelli.

Tidak kompetitifnya RCV musim inii diakui oleh Marc Marquez. Pembalap pemimpin klasemen tersebut kerap merasakan kesulitan dengan kecepatan Yamaha dan Ducati di lintasan straight.

Menurut marc akselerasi masih menjadi masalah utama RC213V , yang masih kalah dari yamaha dan ducati . Bahkan, Marquez mengatakan harus melakukan segala cara agar motornya bisa bejaban.

“Apa yang saya lakukan adalah menurunkan gigi di trek lurus untuk coba membuat motor tidak mengangkat,” jelas Marquez, seperti dilansir Motorsport, Kamis (25/8/2016)

Ducati test di Misano , Dovi terjatuh

 
Blogolet - Pemirsa sekalian , jika mayoritas team motogp melakukan test di brno-ceko , maka beda halnya dengan Team Ducati yang memilih melakukan privat test di misano . Test di misano ini pun diikuti oleh team superbike ducati yang menjajal Ducati Panigale yang digunakan di ajang WSBK .

Misano menjadi pilihan tim merah karena ducati ingin cemerlang di sirkuit ini , yang mana misano sendiri akan menggelar motogp pada 11 September besok setelah GP silverstone . Lewat dua ridernya Andrea Ianone dan Andrea Dovisioso , ducati melakukan test komponen-komponen baru untuk desmosedisi GP . 


Test 1 hari kemarin bisa dibilang sempurna , dengan cuaca cerah dan suhu lintasan 45 derajat . Duo Ducati menorehkan waktu terbaik 1 menit 33,115 detik (lebih lambat 1 detik dari catatan pole position lorenzo tahun 2015) oleh Ianone dengan melahap 59 Lap . Dan Dovisioso mencatat waktu terbaiknya 1 menit 33,195 detik dengan jumlah putaran 93 lap.

Insiden juga mewarnai test ducati di misano , dimana Dovisioso terjatuh pada tikungan ke-4 misano  , dan mengakibatkan Dovi  cedera lutut kanan  , memang tidak parah tetapi harus melakukan perawatan karena terkilir.


 
 

Rabu, 24 Agustus 2016

Musim ini balap terahir Eugene Laverty di MotoGP

 
Blogolet - Pemirsa sekaian , tahun ini adalah tahun terahir Laverty di motoGP , Laverty tercatat sudah 2 musim di motoGP bersama team Aspar . Dan tahun depan laverty akan kembali lagi ke ajang balap WSBK bersama Aprilia (timnya di WSBK sebelum ke motoGP) . 

Di WSBK sendiri  Laverty termasuk pembalap yang jempolan , gelar runner-up pernah dia raih pada tahun 2013 bersama Aprilia. "Saya antusias kembali ke World Superbike bersama Aprilia. Saya menuai banyak sukses di sana, saat itu merupakan sebuah periode yang bagus,"  Laverty oleh Motorsport.com.
 
 

Sebelumnya Laverty pernah berlaga di GP125 di tahun 2004 dan GP250 pada tahun 2007-2008 . dan ke WSBK tahun 2011-2014 , lalu tahun 2015 ia kembali ke motoGP diusung oleh team team Aspar . "Dalam dua musim saya di MotoGP, saya sudah belajar banyak, tentu saja sudah ada masa-masa sulit, tapi saya telah banyak berkembang sebagai pebalap dan menantikan fase ini dalam karier saya," tutur Laverty.

Pada balap pertamanya di kelas primer motoGP, Laverty finish di posisi 22 klasemen. Sedangkan saat ini ia berada di posisi 11 klasemen dengan finish terbaik pada urutan empat di Argentina.

Yah memang saat ini laverty tidak sabar untuk mengakhiri musim ini dan kembali reunian dengan Aprilia di WSBK yang banyak memberikannya kesuksesan , tidak seperti di motoGP bersama Aspar,  laverty sendiri kurang moncer di  MotoGP. Sepertinya kembali ke WSBK adalah keputusan yang baik .

Rossi akui sulit kejar ketertinggalan dengan Marques

 
Blogolet - Pemirsa sekalian , Valentino rossi sukses bertengger di posisi kedua klasemen motoGP setelah kemarin berhasil finish runner-up di GP Ceko , rossi pun tak menyangkal bila untuk  mengejar marquez yang kini di pole position klasemen sangat sulit . Gap kedua nya saat ini mencapai 53 point , bisa anda lihat disini . 

Point pembalap yang saat ini dekat dengan point rossi , yaitu adalah point jorge lorenzo . Meski Rossi saat ini berada di atas lorenzo untuk posisi klasemen , namun gap keduanya sangat tipis , perbedaan point keduanya hanya terpaut 6 point . Itulah yang menjadi fokus rossi saat ini ,mengingat saat ini posisi lorenzo yang diposisi 3 klasemen , sangat mengancam rossi di posisi ke 2 klasemen. 

"Tidak, karena (aku membuat0 terlalu banyak kesalahan, sedikit kesialan. Aku terlalu jauh di belakang dia(marquez)," jawab Rossi saat ditanya apakah dirinya masih berpeluang menjadi juara dunia di musim ini."Selain itu, Marquez di musim ini - dia tidak hanya cepat di semua kondisi tapi dia juga selalu membuat pilihan yang benar. Jadi sangat sulit untuk mengejar selisih 53 poin.""Pertarungan dengan Lorenzo untuk posisi kedua sangat terbuka dan sangat penting untuk mendapatkan angka yang baru saja kuraih dan tetap di depan," lanjut Rossi di Motorsport.com.Tapi di saat yang bersamaan, Lorenzo sangat tangguh. Jadi kupikir penting untuk bertarung dengan dia sampai akhir meskipun hanya untuk posisi kedua."

Yups pemirsa , saat ini rossi  fokus bertarung dengan lorenzo untuk perebutan runner-up , karena marc sudah sangat sulit dikejar , kecuali jika marq membuat kesalahan di balapan kedepannya . Tapi sepertinya itu hal yang sulit , mengingat tahun ini marc lebih dewasa dan berhati-hati . Marq sangat penuh perhitungan , dan selalu bisa kembali merangsek ke depan dalam situasi apapun .




Selasa, 23 Agustus 2016

VIDEO FULL HD : RACE MOTOGP BRNO - CEKO 2016







Blogolet - Pemirsa sekalian , ternyata banyak yang belum menyaksikan jalannya race motogp di sirkuit brno hari Minggu , 21 Agustus 2016 lalu . Memang jalannya race kemarin sangat seru , dan sulit menentukan juara . 
 
Karena cuaca hujan lintasan juga basah membuat semua tim harus menentukan memilih type ban yang tepat . Tidak terkecuali pembalap sendiri , 2 pembalap yamaha moviestar sendiri memilih memakai ban wet dengan kombinasi kompon depan soft dan belakang hard .

Sementara itu sang juara GP Ceko call cruthlow berjudi dengan pilihan kompon ban hard-hard . Sedangkan mayoritas rider team lain  kemarin menggunakan kombinasi soft-soft termasuk marq marquez.

Jalannya balapan sendiri sangat epic , rider-rider yang menggunakan ban Soft-soft langsung ngacir kedepan. Rossi sendiri melorot hingga urutan 11 setelah start . Sedangkan Marc Marquez langsung tancap gas , melebarkan Gap dengan duo ducati dibelakangnya , dibuntuti VInales ke 4 dan Aleix di Posisi ke 5 . Hingga pertengahan balapan Rossi makin terpuruk , anjlok ke posisi 12 . Dan rekan setimnya Lorenzo juga melorot hingga urutan ke 10 . 

Untuk lebih jelasnya pemirsa bisa lihat video disini . Silakan bagi anda pecinta motogp yang belum sempat nonton race GP ceko . Jangan lupa siapkan kopi dan camilan karena lumayan lama durasinya , 1 jam-an bro . 
 

Yamaha sudah mulai batasi lorenzo : sasis m1 lorenzo tidak diupdate

 
Blogolet - Pemirsa seperti yang kita ketahui pada GP Ceko pekan lalu , Pembalap Yamaha Movistar Jorge lorenzo sempat menjadi yang terdepan dalam sesi ujicoba sirkuit brno.

Yah walau bisa dibilang lorenzo mendapatkan hasil zonk di GP ceko kemarin . Start diurutan kedua tidak membuat lorenzo finish dengan hasil memuaskan , malahan Jorge finish no 17 dengan point 0.

Last jika kita melihat motor lorenzo , yamaha tidak memberikannya update sasis terbaru . Berbeda dengan rekan satu teamnya Valentino rossi yang sudah menggunakan sasis baru di GP ceko kemarin.

Hmmm yang jadi pertanyaan , mengapa x fuera tidak mendapatkan update sasis , apakah yamaha mulai membatasi lorenzo karena tahun depan sudah pindah ke ducati ?

berikut jawaban jorge "Saya rasa bukan begitu maksud Yamaha. Karena sudah jelas Rossi memilih sasis baru dan kaki memiliki pengembangan yang berbeda masalah sasis.

Saya mengerti Rossi ingin langkah baru dengan sasis barunya, sedangkan saya tidak, itulah alasan mengapa saya tidak mencobanya," terang Lorenzo kepadaCrash.

Yah walapun jorge berkata demikian , tetap saja yamaha juga sudah tidak memenuhi sasis seperti keinginan lorenzo , mengingat tahun depan dia sudah ke ducati.

Foto Ban depan lorenzo dan Ianone Hancur saat race brno ceko



Blogolet - Pemirsa sekalian jika kita kemarin lihat kru pitstop yamaha movistar yang pada  bingung karena keputusan lorenzo masuk pitstop karena ban baik-baik saja . Ternyata memang benar jika lorenzo merasakan ban depannya mengelupas . Pada foto terlampir dibawah ini kita bisa melihat foto motor lorenzo saat dipitstop dengan kondisi ban bagian tengahnya mengelupas . Yang mana cacat tersebut tidak kelihatan oleh kru lorenzo saat pertama masuk pitstop.




Lorenzo memang tipikal pembalap yang perfeksionis , segala sesuatu dalam motornya saat balap harus sempurna . Kecacatan itulah yang membuat lorenzo menyalahkan pilah michelin yang diduganya memberikan ban cacat .

Memang ban lorenzo terlihat mengelupas , tapi ada pembalap yang mengalami hal serupa , ialah pembalap ducati Ianone , yang terus melorot di lap-lap akhir , karena kondisi ban depannya juga mengelupas . Bahkan milik Ianone lebih parah dari lorenzo , bisa dikatakan hancur .



Tetapi dengan kegigihan dan kerjakeras ianone dengan ban hancur tersebut ianone masih bisa membalap hingga garis finish , berbeda dengan lorenzo yang memutuskan masuk pitstop untuk mengganti motornya . Ini yang membuat lorenzo tidak mendapat point di Ceko .Yah memang gaya pembalap itu sendiri-sendiri , jika lorenzo segala sesuatunya harus sempurna , maka ianone masih bisa ngepush sampai finish.

Jika melihat ban memang michelin sepertinya harus memperbaiki kualitas bannya , walau menurut saya ban michelin sangat kuat , terbukti dengan kondisi mengelupas , ban tidak meledak walau digeber dengan kecepatan tinggi,


YZR-M1 menurut Alex Lowes

 
Blogolet- Pemirsa sekalian Alex Lowes saudara Kandung Sam Lowes pembalap aktif Moto2 yang tahun mendatang akan jadi Pebalap Aprilia termasuk yang sabar menunggu sampai Jam terakhir sesi test kemarin. Jika semalam pemirsa sudah membaca info tentang  Alex Lowes yang diberi kesempatan mengetes Yamaha YZR-M1 di Event satu hari IRTA-Test Brno, Kali ini kita akan coba mengetahui impresi pertama seorang pebalap WorldSBK ini terhadap sosok Motor Prototipe yang tentu sangat berbeda dengan motor balap berbasis superbike yang ia pakai di WorldSBK . Dan Bicara Sirkuit Brno, terakhir Alex mencoba sirkuit ini ketika berumur 17 tahun. Laptime terbaik Lowes dicetak 1 menit 59,558 detik.
 
 

Pertama kalinya mencoba MotoGP dalam waktu 15 lap Alex Lowes dapat mempertajam laptime sebanyak 1,146 detik. Walau sempat crash di akhir lap uji coba . Tapi doi cukup excited menceritakan pengalaman pertamanya di atas Motor Prototipe ini  . berikut penuturannya :
” Tentunya ini adalah salah satu hari terbaik saya! semenjak kecil saya mimpi mengendarai MotoGP dan itu adalah fantastis. Saya tidak melakukan banyak Putaran, namun feel motornya benar benar luar biasa. Power dan cara menikungnya melebihi dari apa yang saya bayangkan sebelumnya, benar bener pengalaman yang luar biasa. “
” Saya harus berterima kasih kepada Yamaha yang telah memberikan kesempatan ini, adalah mimpi bagi saya. Juga terima kasih banyak kepada Monster Yamaha Tech3 yang juga memberikan kesempatan ini dan saya minta maaf atas Crash saya, namun jujur saya sangat menikmati pengalaman ini dan ini adalah hari yang tak akan saya lupakan seumur hidup.”
“Pengereman dan Ban sangat berbeda dengan motor WorldSBK, namun perbedaan terbesar adalah Powernya. Ketika saya menyelesaikan lap pertama dan menuju straight saya merasakan mesinnya penuh dengan tenaga dan benar benar mencengangkan, saya nggak percaya sekencang apa itu, jadi perbedaan terbesar adalah Powernya”
” Mengenai Crash yang terjadi di akhir lap dan mendekati akhir pengetesan penyebabnya adalah karena saya mencoba untuk push lebih tanpa mengetahui segalanya. Saya lebih dalam melakukan pengereman dan menaikkan ban belakang sedikit, ketika keadaan melebar dan Track sedikit kotor maka saya kehilangan (traksi) ban depan. Itu hanya crash kecil namun saya sungguh sungguh minta maaf untuk hal tersebut. Jujur itu merupakan pengalaman Fantastik dan saya sangat menikmatinya walaupun cuma 15 lap. itu merupakan 15 lap terbaik yang saya peroleh.”
“YZR-M1 sangat Nible dan Agile. Benar benar perbedaan besar bila dibandingkan dengan motor yang saya Gnakan ( YZF-R1). Saya belum pernah memiliki pengalaman mengendarai yang seperti ini sebelumnya dan caranya berpindah dari satu sisi ke sisi lain seperti naik sepeda, sangat mudah. jadi banyak hal bagus yang saya rasakan namun juga sulit untuk mengerti dengan batas waktu yang di sediakan, namun ini keren.
 

 

Senin, 22 Agustus 2016

Ianone Kecewa Ban depan Hancur sebelum race selesai

 
 
Blogolet -- Andrea Iannone yang awal race sempat memimpin jalannya balapan di GP Ceko kemarin . Mengatakan bahwa ia gagal keluar sebagai pemenang karena ban depan kompon SOFT yang ia pakai sangat hancur di lap-lap akhir. Yah bisa kila lihat sendiri pemirsa , memang kemarin ban depan Ianone mritili  saat hujan . Ianone sendiri memilih menggunakan ban soft - soft pada race ceko , wajar dia langsung melesat dan memimpin jalannya balapan saat race .

"Saya sangat kecewa dengan hasil balap kali ini, padahal kami punya peluang paling besar untuk menang. Di lap awal saya bermain santai untuk mengirit ban, baru kemudian di paruh kedua balapan saya sedikit panas.Namun di 7 lap akhir motor sulit dikendalikan karena ban depan sangat hancur," keluh Iannone seperti diberitakan Crash.
"Ban lunak bukan pilihan yang buruk, hanya saja lintasan tak cukup masah di penghujung balap. Pembalap lain seperti Dovi, Redding dan Lorenzo juga mengalami hal yang sama dengan saya, bahkan mereka bermasalah lebih dulu ketimbang saya," tegas Iannone.

Olawah semoga michelin lebih bagus kedepannya , biar balapannya rame

Crutchlow Akui Takut Saat Dikejar Rossi dan Hampir jatuh


Blogolet  - Cal Crutchlow sempat merasa cemas saat mengetahui ada  Rossi di belakangnya, apalagi di lap-lap akhir Rossi semakin mendekati pembalap asal Inggris itu.

Namun hingga bendera finis dikibarkan, Crutchlow berhasil keluar sebagai pemenangan, kemudian di susul Rossi dan  Marquez .
Crutchlow dan Rossi sama-sama menggunakan ban belakang kompon keras, namun Rossi tidak sehebat Crutchlow dalam balapan hujan kemarin.

"Serius, saya melirik ke arah layar raksasa di sisi sirkuit dan melihat ada pembalap yang sedang mengejar saya. Saya pikir itu Hector Barbera, tapi itu adalah ternyata Rossi.
Saya berkata, "Saya harus lebih cepat sekarang karena saya dalam masalah". Saya berusaha untuk ngacir dan itu berhasil, jarak kami kembali melebar, yang semula hanya 1,5 detik dan akhirnya menjadi 4 detik," terangnya kepada Crash
.
"Saat balapan masih menyisahkan 4 lap lagi, saya hampir terjatuh di tikungan ke-10 karena saya menggunakan gigi enam, padahal disana seharusnya menggunakan gigi lima.

Kemudian saya berusaha untuk tampil setenang mungkin dan sangat berhati-hati, saya berhasil menjauhi Rossi dan finis dengan aman," tambah Crutchlow
      

Ternyata motor Marc Marquez dan Pedrosa berbeda

 
Pemirsa sekaliaan . . Jika kita melihat performa balap Marc Marquez , marc selalu lebih baik di tahun ini dibanding dani pedrosa . Marc selalu bisa menghadapi situasi sulit saat balap mau itu kondisi setricky apapun , marc mampu merangsek ke depan dengan RCV213 nya , sedangkan dani terseok -seok , walaupun mereka menggunakan motor yang sama RC213V  . Banyak yang yakin kalau motor marc memang lebih baik dari pada dani? eitss tunggu dulu , mungkin dari gambar dibawah ini  anda bisa menilai perbedaan motor yang digunakan oleh marc dan dani.
 
Ternyata kedua motor yang digunakan oleh marc dan dani walaupun sekilas sama tetapi itu adalah motor yang berbeda  . Mungkin anda sudah tahu jika marc masih pede menggunakan sasis RCV versi 2014 , yang menurut marc sasis 2014 lebih "compromise" . Sedangkan menurut marc juga , sasis baru tidak memberi ruang untuk kesalahan , ini yang membuat marc belum pede menggunakan sasis yang baru dan masih setia menggunakan sasis yang lawas .


Bisa dilihat daei gambar diatas nomor seri rangka , jika pada motor dani (kiri) memiliki kombinasi dengan angka lebih muda RC213VF-M803 . Sedangkan motor marquez (kanan) bernomor seri RC213VF-M802 . Secara fisik gambar bisa kita lihat Sasis RCV Marquez memiliki pengelasan lebih tebal pada pengikat swingarm. Sedang pada tunggangan Dani tidak ada las-lasan . Entah apakah secara teknis perbedaan welding membuat karakter RCV berbeda? Hanya engineering Honda yang tahu.
 



Dari gambar diatas juga kita bisa melihat perbedaan detail moncong motor marc dan dani ,  jika motor dani masih menggunakan moncong fairing hanya model biasa , Milik marquez memiliki bentuk mengotak dan sedikit memanjang dan ada 2 buah benda kecil seperti winglet di dalam moncong RCV milik marc . Spekulasi mengatakan Honda saat ini sudah mulai studi untuk mengembangkan aerodinamika terbaru menyambut musim tahun depan dimana dilarang memakai winglet . 







Minggu, 21 Agustus 2016

Lorenzo Siap Hadapi wet race brno jika Hujan

Lorenzo yang kemarin salah pakai baju saat presscon brno mengaku siap menghadapi wet race di brno , yang diprakirakan akan hujan .

Lorenzo sendiri seperti yang kita ketahui memang kurang begitu cepat atau bisa dibilang lambat saat wet race . Bisa pemirsa lihat hasil di Belanda dan Jerman kemarin Lorenzo selalu dibawah 5 besar  . Wet race memaksa lorenzo untuk mengendorkan gas M1 , dia penuh perhitungan dan sangat berhati-hati dalam membalap . Lebih baik tidak memaksa dari pada tidak mendulang point .



“Saya berpikir saya akan memperbaiki catatan waktu di putaran terakhir, tapi tidak membayangkan Marquez akan memperbaiki catatan waktunya sebaik itu,” ujar Lorenzo
“Lap terakhir Marquez sangat impresif. Saya tidak mengharapkan dia (marquez) bisa menembus 54,5 detik. Saya terlalu agresif, mengerem terlalu keras dan juga terlalu lambat. Saya tidak mendapatkan tikungan cepat untuk meraih 54,5 detik,” sambungnya.
Lorenzo juga mengatakan bahwa ban belakangnya sedikit bermasalah saat kualifikasi. Namun, Ia tetap puas dengan hasil kualifikasi yang diraihnya.


Lorenzo memang sedikit kurang beradaptasi dengan ban michelin , dia belum mendapatkan ritme yang tepat dengan michelin saat hujan. Semoga jika benar hujan saat race brno , lorenzo bisa kompetitif dan memberi kejutan.

Sabtu, 20 Agustus 2016

Prakiraan Cuaca Race Brno Ceko 2016 Hujan : Semoga lebih bersahabat??

Blogolet - Jaman sekarang cuaca beberapa jam atau beberapa hari kedepan sudah bisa di prediksi . Begitu pula dengan cuaca saat race di Brno petang nanti pemirsa . Diprediksi saat nanti race di brno akan terjadi hujan saat race motoGP .

Yah namanya juga baru prakiraan cuaca , tapi biasanya akurasinya tinggi . Oke , jika terjadi wet race saat race nanti , jelas beberapa nama-nama pembalap master rain akan unggul saat lintasan basah . Ini membuat jalannya kualifikasi yang kemarin di capai habis-habisan oleh pembalap seolah sia-sia .



Seperti kita ketahui wet race memang tidak menjamin pembalap master rain pun bakal menang . Seperti yang terjadi di Assen dan Sachsenring , rossi yang biasany moncer saat di lintasan basah harus gagal finish di Assen dan gagal podium di Sachsenring.

Wet race memaksa seluruh anggota team untuk bekerjasama untuk membuat stategi yang mantap . Kapan harus masuk pit , ban apa yang akan di gunakan , dll .

Last semoga saja cuaca brno kali ini bisa bersahabat , agar jalannya balapan lebih memacu adrenalin , setelah kemarin kita hanya disuguhi balapan wet race yang kurang menarik . (Blogolet)  


Marquez Tak Menyangka Raih Pole Position di GP Ceko 2016

Pemirsa sekailan seperti yang kita ketahu sebelumnya bahwa mm93 akan start paling depan di GP brno petang nanti  . Sebulumna marc marquez tidak menyangka kalau dirinya akan menyabet pole position di GP Brno .



Memang jika melihat 5 rider terdepan waktu yang mereka torehkan sangat ketat sekali  , tetapi berhasil start di depan Lorenzo dan Ianone dengan catatan waktu 1 menit 54,596 detik.

Sedangkan mbah rossi sendiri akan start di ujung grid ke 2 alias start ke 6 , sebenernya tidaklah buruk , karena jalannya race bisa berbeda . Rossi masih bisa menyodok ke depan . Jika melihat trackrecord rossi mempunyai segudang pengalaman di brno , the doctor bahkan berhasil mengantongi 5 kemenangan di Sirkuit brno di kelas utama. 

Lorenzo sendiri mengaku kecewa karena gagal merail pole position , x-fuera gagal meraih start terdepan setelah menjadi pembalap yang tercepat di FP3 dan FP4 . Jorge terpaut 0.253 detik dengan Marc Marquez pada kualifikasi .

Lain halnya dengan Ianone yang mengaku cukup puas dengan hasil di Brno . Pembalap Ducati yang tahun depan pindah ke Suzuki ini puas dengan start di posisi ke 3 .  Setidaknya bisa start di grid  depan , karena ketatnya waktu yang ditorehkan oleh para pembalap .

Last siapa jagoan pemirsa , jangan lupa nonton hari ini jam 19.00 WIB di Trans7 dan Fox Sport


Hasil Kualifikasi MotoGP Brno 2016 : Marques pertama , rossi ke 6

Blogolet - luar biasa pemirsa , marquez menjadi rider yang tercepat di kualifikasi sirkuit brno ceko 2016 , catatan waktu yang berhasil di tembus marquez adalah 1 menit 54,596 detik.



Dengan hasil tersebut marquez sukses menyabet pole position . Memang marquez terlihat kompetitif sejak fp2 dan fp3 . Dan diposisi kedua kualifikasi ditempati oleh rider yamaha jorge lorenzo , posisi ke 3 dengan rider ducati Ianone .

Ianone sendiri memang terlihat paling konsisten di 3 besar sejak fp1 , lalu di posisi 4 ada aleix espargaro , sebelumnya rider suzuki ini pada fp3 hanya di posisi 7.

Hasil kurang bagus di dapatkan oleh rossi yang berada di posisi ke 6 , di belakang pembalap avintia racing hector barbera .



Last sepertinya rider barisan depan akan bertarung habis habisan minggu besok , jangan lupa nonton .

Hasil Kualifikasi MotoGP Brno Ceko 2016 ( lengkap )

POS#RIDER NAMEGAP
1
93
M. MARQUEZ
1:54.596
2
99
J. LORENZO
+0.253
3
29
A. IANNONE
+0.631
4
41
A. ESPARGARO
+0.728
5
8
H. BARBERA
+0.841
6
46
V. ROSSI
+0.913
7
4
A. DOVIZIOSO
+1.152
8
25
M. VIÑALES
+1.191
9
26
D. PEDROSA
+1.245
10
35
C. CRUTCHLOW
+1.334
11
38
B. SMITH
+1.519
12
44
P. ESPARGARO
+1.926
13
9
D. PETRUCCI
+1.552
14
45
S. REDDING
+1.667
15
50
E. LAVERTY
+1.939
16
6
S. BRADL
+2.122
17
76
L. BAZ
+2.201
18
68
Y. HERNANDEZ
+2.209
19
19
A. BAUTISTA
+2.466
20
53
T. RABAT
+3.010

Hasil FP3 Brno Ceko 2016 : Lorenzo Tercepat , Rossi masih ke 5

Blogolet - benar-benar rata pemirsa hasil Free Practice sirkuit brno Ceko kali ini Yamaha memimpin , jika pada FP1 oleh ducati , dan FP2 oleh Honda , secara meyakinkan Jorge lorenzo menjadi yang tercepat di FP3 .

Lorenzo tercatat menorehkan waktu 1 menit 54,791 detik , melampai lap record di Free Practice sebelumnya . Tapi yang paling konsisten disini adalah Ianone mulai dari FP1-FP3 , Ianone masih bertengger di posisi 1,2,2 , sedangkan marq marques yang di FP2 berhasil menjadi yang tercepat , harus tersingkir ke posisi 3 . Vinales juga berhasil bertengger di posisi 4 di FP3 ini , sementara Valentino Rossi masih tertahan diposisi ke 5 .

Soo  ini membuat 10 besar rider  akumulasi FP1 sampai dengan FP3 MotoGP Brno Ceko 2016 berhak langsung menuju Q2 atau kualifikasi kedua tanpa mengikuti Q1 . 


Last dengan hasil tersebut kita bisa melihat peta kekuatan masing -masing team saat race besok , bakal seru nih pemirsa , berikut hasil lengkapnya :


  1. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 54.791s 310km/h (Top Speed)
  2. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 1m 55.535s +0.744s 312km/h
  3. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 55.562s +0.771s 308km/h
  4. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 55.604s +0.813s 309km/h
  5. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 55.708s +0.917s 309km/h
  6. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 55.793s +1.002s 306km/h
  7. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 1m 56.051s +1.260s 312km/h
  8. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 56.143s +1.352s 309km/h
  9. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 1m 56.161s +1.370s 308km/h
  10. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 56.332s +1.541s 305km/h
  11. Dani Pedrosa SP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 56.405s +1.614s 311km/h
  12. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 1m 56.551s +1.760s 310km/h
  13. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 56.656s +1.865s 307km/h
  14. Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 56.845s +2.054s 307km/h
  15. Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 57.015s +2.224s 308km/h
  16. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 1m 57.202s +2.411s 310km/h
  17. Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 1m 57.443s +2.652s 307km/h
  18. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 57.526s +2.735s 309km/h
  19. Tito Rabat ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 1m 57.815s +3.024s 307km/h
  20. Loris Baz FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 58.144s +3.353s 303km/h

Confirmed Mantan mekanik Casey Stoner akan bantu Lorenzo tahun depan

Blogolet - Pemirsa sekalian , akhirnya Ducati berhasil mendapatkan Christian Gabbarini untuk bergabung di ducati tahun depan. Christian Gabbarini sendiri sebelumnya adalah mantan kepala mekanik Casey Stoner di ducati , kepindahan casey ke honda juga membuat Gabarini ikut pindah ke team Honda tahun 2012.



Dan setelah Stoner memutuskan pensiun di motogp tahun akhir musim 2012 , Christian Gabbarini masih bertahan di HRC hingga kini  .  Saat ini Gabbarini masih di Honda menukangi pembalap Jack Miller .

Sebelumnya tahun 2015 Lorenzo sempat meminta Gabbarini untuk bergabung dengannya . Tapi secara halus Gabarini menolak tawaran Lorenzo tersebut .

“Mereka telah mempercayai dan memintaku untuk tinggal dan sudah memberikan aku sebuah kesempatan yang luar biasa untuk belajar banyak hal serta memiliki pekerjaan yang menarik. Di sisi lain itu sangat menarik memiliki pilihan lain. Aku sudah menjelaskan kepada Jorge dan Yamaha alasan untuk tetap bersama Honda dan mereka mengerti… ” seru Christian Gabbarini  via MCN diawal musim 2015.

Tapi keputusannya sekarang berubah ducati telah berhasil mendapatkan garbbarini untuk tahun 2017 , tentu itu sebuah berita mengejutkan , karena kepindahaannya ke ducati awal musim 2017 untuk membantu Lorenzo di debut awalnya di ducati.

Bisa jadi Garbbarini rela meninggalkan HRC karena campur tangan Casey Stoner , yang memintanya secara khusus untuk gabung juga ke ducati . Seperti yang kita ketahui tahun ini casey kembali ke ducati dan menjadi test rider motogp team ducati .

Last sepertinya Ducati tahun depan sangat bernafsu untuk menjadi yang terbaik . Banyak orang-orang hebat di motogp direkrutnya . Soo.. Jorge Lorenzo duet dengan Garbbani . Patut dinantikan nih tahun depan



Jumat, 19 Agustus 2016

Kata Lorenzo ; Marquez kaya kucing

Marc Marquez terkenal dengan gaya balapannya yang agresif dan cepat , tak jarang di musim ini marquez sering hampir terjatuh , walaupun tidak sampai terjatuh bahkan setiap race pembalap honda ini selalu mendulang point . Di FP2 kemarin pun marquez hampir terjatuh ,  RC213Vnya sudah miring sampai 68 derajat di tikungan ke 13 Brno , tapi dengan keahlian dan usahanya , marquez bisa kembali mengangkat kembali badan dan motornya . Kayanya cuma Marquez yang bisa seperti ini , saya yakin kalau pembalap lain mungkin sudah jatuh .




Lorenzo mengakui Marquez membalap dengan kuat, tapi juga kadang terlalu memaksa motornya hingga limit. "Kami harus melihat berapa lap Marquez bisa bertahan dengan performa itu. Marc mengendara dengan sangat baik, tapi juga mengambil banyak risiko," kata Lorenzo, seperti dilansir Motorsport.  

"Anda tak perlu menjadi jenius untuk melihat Marquez sangat memaksakan diri dan memacu motornya hingga limit. Dia mengendara dengan cara seperti itu, sangat agresif dan gesit. Itulah sebabnya dia selamat dari banyak kecelakaan," imbuh pria asal Spanyol itu. 
Menurut Lorenzo, Marquez gesit membalap seperti seekor kucing. "Ketika terjatuh, dia tak mengalami cedera buruk karena dia sangat muda dan sangat kuat. Dia seperti kucing," beber Lorenzo. 

"Dia tak banyak membuat kesalahan dan membalap dengan sangat baik. Itulah sebabnya dia memimpin klasemen pebalap," Lorenzo .


Jadi menurut lorenzo marquez adalah pembalap yang agresif dan suka memaksa mesin RCV , tapi marquez cepat mengantisipasi jika hampir jatuh . Memang jika dilihat Flashback marquez sempat masuk gravel di Assen , bahkan bisa mendulang point .

Last menurut saya marquez tahun ini lebih dewasa dan berhati-hati , apalagi gap dengan lorenzo cukup jauh (43 point) . Marquez jatuh 1x saja , maka mudah bagi Lorenzo dan Rossi untuk kembali menyalip Marquez .










Rossi : urutan 5 saat FP2 Brno : Tidak buruk

Blogolet - Rossi berada diposisi ke 5 saat FP2 Brno Ceko , menurutnya itu tidak buruk . Tercatat rossi menorehkan waktu 1 menit 56,174 detik . Rossi persis dibelakang pembalap avintia Racing , Barbera , dengan 3 pembalap teratas Marques , Ianone , dan Lorenzo.
 


Memang betul jika kata rossi di posisi ke 5 itu tidak buruk , jika melihat gapnya dengan marques maka rossi hanya lebih lambat 0,3 detik saja . Diketahui juga Marques yang pada FP1 berada diposisi ke 6 juga bisa diposisi 1 saat FP2 .  Yups marques memang menunjukan hasil yang bagus di FP2 kemarin. Itu tidak memungkinkan terjadi pada Rossi , the Doctor sudah mempunyai segudang pengalaman di Sirkuit Brno.


"Perasaan pertamanya tak cukup buruk: pagi ini dan juga sore ini aku cukup cepat, kami sudah banyak bekerja," kata Rossi di situs resmi MotoGP.

"Kami mempunyai beberapa opsi berbeda dan beberapa setelan berbeda serta beberapa pilihan ban yang berbeda di depan dan belakang. Aku tak terlalu buruk, aku di posisi lima tapi aku tak terlalu jauh dari pole position," imbuhnya.


Yups kita nantikan saja sesi selanjutnya , semoga Rossi bisa start di barisan depan , agar pertarungan di Brno bisa seru .

Brno akan banyak pembalap yang menghalangi marques

Tidak terasa besok minggu sudah race motoGP Brno Ceko akan berlangsung , bisa saya pastikan kalau jalannya race besok akan seru . 3 pembalap klasemen teratas Marques, Lorenzo dan Rossi masih berebut gelar juara dunia .



Seperti yang kita ketahui saat ini marques masih memimpin klasemen dengan jumlah 181 poin , sementara diurutan kedua diduduki oleh lorenzo dengan gap 43 point dari marques  , dan posisi ke 3 rossi dengan gap 57 point dari marques.

Jika kita melihat gap 2 pembalap dibawahnya maka bisa dipastikan sebenarnya posisi marques saat ini sudah aman . Hanya saja duo yamaha juga kuat di Brno , apalagi Lorenzo menang di sirkuit ini tahun lalu , jelas mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk menang di Brno .  Begitu juga ducati yang masih bergairah menjadi juara setelah kemarin Ianone menang di redbull ring , Ianone juga cepat pada sesi FP1 dan FP2 Ceko , tentu saja ianone akan membuat marques akan semakin sulit di brno , apalagi gap Ianone dan marques tipis hanya 0.1 detik .